MEDIA BERKUALITAS adalah sebuah media yang memberikan berbagai informasi yang bermanfaat untuk pemirsa

Adsense

Jumat, 15 Oktober 2021

Resume Pengamalan Pancasila (Analisis Hakikat Pancasila)

 Mata Kuliah : Pendidikan Kewarganegaraan
Penulis : Suparti & Mauizatul Hasanah

Pendahuluan

Pancasila ialah sebagai dasar negara sering juga disebut dengan dasar falsafah negara, ideology negara. Dalam hal tersebut, Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur seluruh penyelenggaraan negara. Dan juga dikuatkan dengan pembukaan UUD 1945 Alinea IV berbunyi: “Kemudian dari pada itu untuk dapat membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia serta seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi serta keadilan sosial maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang suatu Dasar Negara Indonesia yang berbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil serta beradab, Persatuan Indonesia, serta Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta untuk mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Pengamalan Pancasila

1.   Sila Ketuhanan Yang Maha Esa 

  1. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
  4. Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
  5. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.

2.   Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab 

  1. Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.
  2. Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
  3. Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.
  4. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
  5. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.

3.   Sila Persatuan Indonesia 

  1. Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  2. Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
  3. Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
  4. Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. 
  5. Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
4.   Sila Ketakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan 
  1. Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
  2. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama. 
  3. Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
  4. Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah. 
  5. Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur. 

5.   Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia 

  1. Mengembangkan sikap adil terhadap sesama. 
  2. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. 
  3. Menghormati hak orang lain.
  4. Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain. 
  5. Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum.
Macam-macam Cara Pengamalan Pancasila

Dilihat dari segi jalurnya

1.  Jalur pendidikan 
Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam pengamalan Pancasila, baik pendidikan formal (sekolah-sekolah s.d perguruan tinggi) maupun pendidikan nonformal (di keluarga dan lingkungan masyarakat), keduanya sangat erat kaitannya dengan kehidupan.

Dalam pendidikan formal semua tindak perbuatannya haruslah mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila. Dalam pendidikan keluarga pengamalan Pancasila harus ditanamkan dan dikembangkan sejak masih kecil, sehingga proses pendarah-dagingan nilai-nilai Pancasila dengan baik dan menuntut suasana keluarga yang mendukung. Lingkungan masyarakat juga turut menentukan sehingga harus dibina dengan sungguh-sungguh supaya menjadi tempat yang subur bagi pelaksanaan pengamalan Pancasila. 

Melalui pendidikan inilah mahasiswa menyerap nilai-nilai moral Pancasila. Penyerapan nilai-nilai moral Pacasila diarahkan berjalan melalui pemahaman dari pemikiran dan dan pengamalan secara pribadi. Sasaran pelaksanaan pedomaan pengamalan Pancasila adalah perorangan, keluarga, masyarakat, baik dilingkungan tempat tinggal masing-masing, maupun di lingkungan tempat menuntut ilmu 

2.  Jalur organisasi
Pengamalan Pacansila harus diterapkan dalam setiap elemen kampus. Organisasi sosial pada kampus adalah wadah pemimpin-pemimpin muda dalam bidangnya masing-masing sesuai dengan keahliannya, peran dan tanggung jawabnya. Sehingga segala unsur-unsur dalam organisasi harus mengikuti pedoman pengamalan Pancasila agar berkepribadian Pancasila tertanam. Sehingga organisasi dalam kampus unswagati berjalan dengan baik sesuai prosedur yang ada. 

Pengamalan Pancasila Secara Subjektif dan Objektif

  1. Pengamalan Pancasila secara Objektif Pengamalan pancasila yang obyektif adalah pelaksanaan dalam bentuk realisasi dalam setiap penyelengaraan kampus, baik di bidang organisasi maupun non organisasi. Dan semua bidang kampus unswagati terutama realisasinya dalam bentuk peraturan kampus itu tersebut antara lain sebagai berikut : 

  • Tujuan, misi dan visi kampus harus memiliki beberapa arti yang tercantum dalam nilai-nilai pancasila.
  • Aturan yang terdapat dalam kampus maupun dalam organisasi kampus harus mengandung makna nilai–nilai pancasila.

Pengamalan Pancasila secara Subjektif 

        Pengamalan pancasila pengamalan pancasila yang subyektif adalah pelaksanaan dalam pribadi seseorang, warga negara, individu, penduduk, penguasa, dan orang Indonesia. Pengamalan pancasila yang subyektif ini justru lebih penting dari pengamalan yang karena pengamalan yang subyektif merupakan syarat pengamalan pancasila yang obyektif (Notonegoro,1974;44).

        Dengan demikian pelaksanaan pancasila yang subyektif ini berkaitan dengan kesadaran, ketaatan, serta kesiapan individu tiap mahasiswa unswagati untuk mengamalkan pancasila. Dalam pengertian inilah akan terwujud jika suatu keseimbangan kerohanian yang mewujudkan suatu bentuk kehidupan dimana kesadaran wajib taat aturan kampus unswagati telah berpadu menjadi kesadaran wajib moral. Sehingga dengan demikian suatu perbuatan yang tidak memenuhi wajib melaksanakan pancasila.

        Dalam pengamalan pancasila yang subyektif ini bilamana nilai-nilai pancasila telah dipahami, diresapi, dan dihayati oleh seseorang mahasiswa maka orang itu telah memiliki moral pancasila dan jika berlansung terus menerus sehingga melekat dalam hati maka disebut dengan kepribadian pancasila.

Kesimpulan

        Pengamalan pancasila sagatlah penting dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam lima dasar pancasila.

Pengamalan pancasila dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Dilihat dari segi jalurnya yaitu jalur pendidikan dan jalur organisasi
  2. Pengamalan Pancasila Secara Subjektif dan Objektif
Adapun dukumen lengkapnya dapat didownlod disini

2 komentar:

Unknown mengatakan...

SangatSbermanfaat untuk kita semua

Unknown mengatakan...

Apakah golongan Syi'ah termasuk golongan yang sesat?

MEDIA BERKUALITAS