MEDIA BERKUALITAS adalah sebuah media yang memberikan berbagai informasi yang bermanfaat untuk pemirsa

Adsense

Rabu, 10 November 2021

Makalah Manajemen Sarana dan Prasarana Lembaga PAUD

 Disusun Oleh : Baiq Zul'aini

KATA PENGANTAR

 

Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. karena berkat rahmat, taufik hidayahnya sehingga makalah ini dapat terselesaikan  dengan lancar, baik, dan tepat waktu. Shalawat serta salam senantiasa tersanjungkan kepangkuan rasulullah SAW. Beserta keluarga, sahabat-sahabat nya dan para pengikutnya yang telah membawa kita dari jalan gelap gulita ke jalan yang terang benderang ke jalan agama islam.

Dengan terselesaikannnya makalah yang berjudul “Masalah Sarana Dan Prasarana Lembaga Paud” penulis dengan ikhlas menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu baik langsung maupun tidak langsung khususnya pada dosen pengampu mata kuliah “Manajemen Paud” sebagai manusia biasa yang tak lepas dari kekhilafan,demi perbaikan makalah ini selalu di harapkan kritik dan sarannya. 

Semoga makalah ini bermanfaat bagi penulisnya khususnya bagi para pembaca pada umumnya. Akhirul kalam semoga usaha kita dalam peningkatan mutu pendidikan mendapat ridho dari Allah SWT.

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

            Manajemen sarana prasarana memang menjadi bagian yang sangat penting bagi sebuah sekolah. Hal ini dikarenakan manajemen sarana prasarana menjadi hal yang di gunakan untuk mengelola sebuah sarana untuk mendukung kegiatan belajar mengajar yang di lakukan. Sebuah sekolah akan memiliki sarana prasarana yang baik apabila sekolah tersebut memiliki manajemen atau pengelolaan yang baik pula guna untuk mendukung proses belajar mereka.

            Pada tingkat PAUD banyak hal yang mampu diadakan mengenai sarana prasarana yang di perlukan untuk mendukung proses belajar mengajar mereka. Karena pada tingkat PAUD sarana prsarana menjadi hal yang sangat penting untuk mengembangkan kreatifitas anak didik. Sarna prasarana yang perlu diadakan bagi sebuah jenjang PAUD yaitu mengenai penyediaan sarana bermain serta penyediaan media pembelajaran yang mampu mendukung kegiatan belajar mereka

 

B.     Rumusan Masalah

1.      Apa pengertian manajemen sarana dan prasana PAUD?

2.      Bagaimana sarana prasarana pembelajaran di PAUD?

3.      Bagaimana permasalahan sarana dan prasarana PAUD?

 

C.     Tujuan            

1.      Untuk mengetahui pengertian manajemen sarana dan prasana PAUD.

2.      Untuk mengetahui sarana Prasarana Pembelajaran di PAUD. 

3.    Untuk mengetahui permasalahan sarana dan prasarana PAUD.

 

 BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Manajemen sarana dan prasarana PAUD

            Manajemen PAUD adalah suatu upaya menegelola, mengatur, dan mengarahkan proses interaksi dan tersistematisasikan untuk mencapai tujuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

            Sedangkan pengertian manajemen sarana prasarana PAUD itu sendiri adalah pengelolaan secara efektif terhadap aset lembaga PAUD yang dimiliki. Beberapa bentuk aset sarana dan prasarana tersebut mencakup tanah dan bangunan PAUD, perangkat pembelajaran yang terdiri dari alat-alat permainan edukatif, baik yang indoor dan outdoor.

            Dalam pasal 45 ayat satu UU No.20 tahun 2003 dinyatakan bahwa ”setiap satuan pendidikan formal maupun nonformal harus menyediakan sarana prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan perkembangan potensi . fisik, kognitif, sosial, emosi, dan kejiwaan anak didik

            Sarana pendidikan umumnya mencakup semua fasilitas yang secara langsung dipergunakan dan menunjang dalam proses pendidikan, seperti: gedung, ruangan belajar/kelas, alat-alat/media pendidikan, meja, kursi dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud dengan fasilitas atau prasarana yaitu yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan, seperti: halaman, kebun/taman, jalan menuju ke sekolah. Jadi sarana dan prasarana pendidikan adalah semua benda bergerak dan tidak bergerak yang dibutuhkan untuk menunjang penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung.

B.     Sarana prasarana pembelajaran di PAUD

Sarana Prasarana Pembelajaran kegiatan di bagi menjadi 2 yaitu:

1.    Sarana prasarana perangkat pembelajaran indoor

Perangkat sarana perasarana di ruang tertutup di isi berbagai fasilitas permainan indoor seperti balok dengan berbagai aturan, bola, benda yang menyerupai bintang, mobil-mobilan dan sebagainya. Sarana prasarana ini akan merangsang kreativitas anak dengan memberdayakan sarana prasarana yang ada di runag tersebut.

Berikut ini adalah beberapa jenis alat permainan yang perlu di sediakan di dalam ruang atau aula tempat bermain anak diantaranya:

a)         Balok dengan berbagai ukuran

b)         Balok yang terbuat dari gabus atau kain

c)         Benda-benda berbentuk geometri

d)        Papan berwarna-warni dengan beanekaragam bentuk

e)         Berbagai gambar bertema yang lengkap misalnya: gambar dengan tema bintang, bangunan dan sebagainya

Masih banyak lagi alat permainan yang dapat di sediakan di aula atau ruangan tertutup sebagai kawasan bebas bergerak untuk anak-anak. Para pengelola lingkungan belajar dalam ruang (indoor) perlu menata berbagai pusat yang akan digunakan dalam belajar dan kegiatan anak, mereka juga harus berpikir tentang berbagai peralatan yang dibutuhkan oleh setiap pusat belajar. Kemampuan mereka melengkapi peralatan secara memadai akan dapat menciptakan lingkungan belajar yang cukup efektif dalam memfasilitasi perkembangan dan belajar anak. Sebaliknya, ketidakmampuan mereka memenuhinya akan mengakibatkan terjadinya hambatan-hambatan dalam membantu perkembangan dan belajar anak

2.    Sarana Prasarana Perangkat Pembelajaran Outdoor

Selain Sarana Prasarana dalam ruang atau indoor, lembaga PAUD juga harus melengkapi sarana prasarana di ruang terbuka (outdoor atau lapangan). Isinya sama yaitu berbagai fasilitas pembelajran atau permainan. Hanya saja, bentuk dan jenisnya lebih bervariasi sesuai dengan kondisi di luar ruangan yang ada. Jadi, selain memfasilatsi sarana prasarana pada rruang tertutup, juga harus di sediakan sarana prasarana di ruang terbuka atau lapangan.

Sekedar contoh, jika di dalam ruang telah terdapat berbagai gambar bertema, maka di alam terbuka anak dapat menyaksikan bahkan bersentuhan secara langsung merupakan wujud nyata berbagai lukisan di ruang terbuka. Sehingga anak-anak bisa melihat langsung, menyentuh secara nyata (jika memungkinkan), mendengar suara aslinya, bahkan mencium aroma berbagai binatang tersebut. Tentu hal ini mampu meningkatkan fungsi panca indra anak secara maksimal.

Daya tarik lapangan atau ruang terbuka bagi anak adalah perlengkapan berbagai edukatif yang sangat bervariatif seperti : menara, bola, bak pasir dan sebagainya. Secara terperinci beberapa alat permainan edukatif yang selanyaknyatersedia di ruang terbuka sebagai berikut:

a)      Kursi jungkit yang menyerupai kuda-kudaan

b)      Ban mobil bekas yang sudah di cat untuk di gelindingkan

c)      Ayunan kursi dan ayunan gantung

d)     Bola dunia untuk bermain memanja

e)      Anyaman tali besar

f)        Terowongan buatan atau gorong-gorong dan sebagainya.

Satu hal tidak boleh di abaikan dalam sarana prasarana pembelajaran, baik di ruang tertup maupun di ruang terbuka adalah bahwa sistem layanan pembelajaran harus mengkomodasikan kemampuan minat, kebutuhan anak. Sebab, hal ini akan menimbulkan rasa aman dan nyaman dalam setiap aktivitas pembelajaran.

C.     Permasalahan sarana dan prasarana PAUD

Sarana dan prasarana  merupakan unsur yang cukup berperan penting dalam pelaksanaan kegiatan disekolah. Kedua hal ini berfungsi sebagai penunjang untuk kelancaran pelaksanaan suatu kegiatan. Yang terdiri dari berbagai jenis dan ragam baik yang terdapat didalam maupun diluar kelas, namun fungsinya sebagai alat penunjang pelaksanaan kegiatan akan terwujud apabila kedua hal tersebut dikelola dengan sebaik-baiknya, tetapi apabila tidak dikelola dengan baik malah akan menjadi penghambat dalam pelaksanaan kegiatan.

Sarana prasarana adalah salah satu bagian input, sedangkan input merupakan salah satu subsistem. Sarana prasarana sangat perlu dilaksanakan untuk menunjang keterampilan anak.

Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang menyangkut standar sarana dan prasarana pendidikan secara nasional pada Bab VII Pasal 42 dengan tegas disebutkan bahwa :

a)      Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

b)      Setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolah raga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat bekreasi, dan ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan

Banyak lembaga paud yang tidak memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dalam mendirikan suatu lembaga PAUD. Sarana prasarana adalah salah satu bagian input, sedangkan input merupakan salah satu subsistem. Sarana prasarana sangat perlu dilaksanakan untuk menunjang keterampilan anak.

 

BAB III

PENUTUP

A.    Simpulan        

Sarana dan prasarana  merupakan unsur yang cukup berperan penting dalam pelaksanaan kegiatan disekolah. Kedua hal ini berfungsi sebagai penunjang untuk kelancaran pelaksanaan suatu kegiatan. Yang terdiri dari berbagai jenis dan ragam baik yang terdapat didalam maupun diluar kelas, namun fungsinya sebagai alat penunjang pelaksanaan kegiatan akan terwujud apabila kedua hal tersebut dikelola dengan sebaik-baiknya, tetapi apabila tidak dikelola dengan baik malah akan menjadi penghambat dalam pelaksanaan kegiatan.

Sarana prasarana adalah salah satu bagian input, sedangkan input merupakan salah satu subsistem. Sarana prasarana sangat perlu dilaksanakan untuk menunjang keterampilan anak.

 

B.     Saran

Dalam makalah ini kami membahas tentang masalah sarana dan prasarana yang ada di lembaga PAUD. Dan dengan adanya makalah ini kami berharap agar semua mahasiswa mampu menguasai materi tentang sarana dan prasarana di PAUD. Sehingga para mahasiswa dapat memahami tentang manajemen sarana di paud, sarana dan prasarana pembelajaran di paud dan masalah saarana dan prasarana di lembaga paud. kami sebagai penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi kesempurnaan  makalah ini. 

 

DAFTAR PUSTAKA

El-Khuluqo, Ihsana. 2015. Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini): Pendidikan                         Taman Kehidupan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

https://www.academia.edu/25465665/PERMASALAHAN_YANG_ADA_DI_LEMBAGA_PAUD_TERKAIT_DENGAN_SARANA_DAN_PRASARANA 

 

Untuk mendapatkan file lengkapnya dapat diunduh

DISINI


Tidak ada komentar:

MEDIA BERKUALITAS