KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun pelajaran oleh satuan pendidikan yang diputuskan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum KKG secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) ditentukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- Intake Siswa. Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi pula.
- Komleksitas. Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah, dan semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.
- Aspek sumber daya pendukung (sarana). Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi.
- Intake Siswa : Tinggi = 80 - 100; Sedang = 65 - 79; Rendah = < 65
- Kompleksitas : Tinggi = < 65; Sedang = 65 - 79; Rendah = 80 - 100
- Daya Dukung : Tinggi = 80 - 100; Sedang = 65 - 79; Rendah = < 65
- Intake Siswa : Tinggi = 3; Sedang = 2; Rendah = 1
- Kompleksitas : Tinggi = 1; Sedang = 2; Rendah = 3
- Daya Dukung : Tinggi = 3; Sedang = 2; Rendah = 1
Catatan : Pada intinya Kompleksitas semakin tinggi maka nilai semakin rendah terbalik dari daya dukung dan intake siswa.
Contoh perhitungan KKM dengan cara pertama :
Contoh perhitungan KKM dengan cara kedua :
Itulah cara perhitungan KKM, silahkan memilih cara perhitungannya bisa menggunakan cara pertama atau cara kedua.
Untuk Format KKM Kurikulum 2013 tingkat SD/MI bisa di Download melalui link di bawah ini :
Format KKM Kelas 1 s/d 6 Unduh disini
Demikian cara menghitung KKM yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat terima kasih.
1 komentar:
Mantap
Posting Komentar